Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Email dari Jerman

Email dari Jerman

--- On Tue, 4/28/09, arinda@t-online.de wrote:

From: arinda@t-online.de
Subject: kabar apa?
To: "Suparto Brata"
Date: Tuesday, April 28, 2009, 3:07 PM

Mas Suparto Brata,

Sesekali saya masih juga baca tulisan di blog-nya. Tentu
saja banyak mengingatkan saya pada masa-masa silam yang
kelam. Saya teringat ketika jadi saksi dalam pernikahan
Sukanto SA di Surabaya dulu. Tetapi nama istrinya bukan
Suryaningsih melainkan Surtiningsih Wt., juga berteman dekat
dengan saya dulu itu. Sampai sekarang Sukanto masih
berkorespondensi dengan saya, namun Surti sudah
mendahuluinya berangkat tahun 2004 yang lalu.

Ajip Rosidi, teman dekatnya Sukanto sejak di Taman Siswa
Jakarta, pertengahan April lalu (tanggal 12 sampai-14) malah
singgah dan menginap di rumah kami di Jerman. Bukan main!
Setengah abad lebih saya kenal namanya tapi baru sekarang
ketemu orangnya. Dia tinggali saya buku biografinya, HIDUP
TANPA IJAZAH, tebalnya 1330 halaman, terbit ketika usinya
genap 70 tahun akhir Desember 2008 yang lalu.

Beberapa hari setelah Ajip pulang, kami ketamuan penyair
Dorotea Rosa Herliany (Indonesia Tera, peraih hadiah
Katulistiwa bidang puisi tahun 2007) dengan suaminya
(Andreas, seorang pelukis muda). Mereka sedang berada di
Jerman atas dana Lembaga Heinrich Böll hingga akhir Juli
nanti. Rasanya saya seperti kembali jadi calon sastrawan
karena dikunjungi sastrawan tua maupun muda...

Sedikit tambahan untuk tulisan Mas Parto itu. Saya pergi ke
luarnegeri dulu bukan karena tugas yang diberikan Goei Po An
(direksi TM) melainkan atas keputusan PWI yang tentu saja
saya terima. Saya ditunjuk PWI Pusat dalam posisi selaku
Ketua Bagian Hukum dan Pembelaan PWI Surabaya ketika itu.
Belakangan saya dibantu Pak Hendro (Kepala Perwakilan KB
Antara di Jerman) sampai bisa tinggal di negeri ini hingga
sekarang. Beliau dulu bekas guru saya di Tuban, sedangkan
ayah saya penilik sekolahnya. Bau-bau KKN ya Mas? Tapi Pak
Hendro belakangan ditarik kembali ke Jakarta dengan
kedudukan sebagai wartawan istananya presiden Suharto hingga
masa pensiunnya. Beliau sudah lama wafat.

Salam saya,
Soeprijadi Tomodihardjo.

Tags:

0 comments to "Email dari Jerman"

Leave a comment