Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Email dari Nina Setyaningsih

Email dari Nina Setyaningsih

Date: Tue, 22 May 2007 19:55:43 +0700
From: "Nina Setyaningsih" Add to Address Book Add Mobile Alert
Yahoo! DomainKeys has confirmed that this message was sent by gmail.com. Learn more
To: "sbrata@yahoo.com"
Subject: kepada Pak Suprapto Brata
Sugeng ndalu Pak Suparto Brata,

Salam kenal, Pak. Saya Nina, dari Semarang. Kemarin ada pameran buku dan saya nemu bukunya Pak Suparto yang berjudul Gadis Tangsi. Saya lihat sinopsisnya di halaman belakang dan tertarik membacanya. Saya lihat itu trilogi, tapi saya cuma beli yang Gadis Tangsi. Saya punya feeling bukunya bakalan bagus, tapi sayang saya uang saya kurang...haha..(padahal diskon). Semoga nanti saya bisa menemukan buku-buku lanjutannya.

Sekarang sudah baca sampai separo halaman. Gadis Tangsi novel yang bagus sekali :). Menurut saya novel ini satu genre dengan novel Para Priyayi karangan Umar Kayam. Saya paling suka membaca novel semacam itu karena saya jadi lebih tahu hal-hal mengenai budaya Jawa dan bisa membayangkan gambaran kehidupan terutama kehidupan orang Jawa di jaman penjajahan dulu. Ibu saya kelihatannya juga tertarik membaca Gadis Tangsi, haha.

Saya jarang melihat novel Pak Suprapto. Di perpustakaan juga sepertinya saya belum pernah nemu (mungkin malas ke perpus juga, hehe). Dulu waktu nemu buku Para Priyayi di Perpusda saja bukunya sudah kumal. Mungkin anak muda sekarang lebih suka novel-novel teenlit atau novel yang lebih populer.Tapi saya beruntung menemukan novel karangan Bapak :). Ternyata setelah googling di internet saya jadi tahu tulisan-tulisan Bapak. Great!! Saya harap bisa menemukan karangan Bapak yang lainnya.

Sekian email saya. Terima kasih atas karyanya. Semoga selalu sehat dan terus menulis serta mengangkat budaya Jawa.

Nina.


Date: Fri, 25 May 2007 19:26:46 -0700 (PDT)
From: "suparto brata" Add to Address Book Add Mobile Alert
Subject: Re: kepada Pak Suprapto Brata
To: "Nina Setyaningsih"

Mbak Nina yang baik,
Terima kasih atas emailnya yang menyanjung saya itu.
Sayang komputer saya sedang rusak, jadi saya perlukan
ini lewat warnet, kok ada emailnya Mbak Nina. Ya novel
gadis Tangsi suatu trilogi, seluruh bukunya sudah
terbit (Gadis Tangsi, Kerajaan Raminem, Mahligai Di
Ufuk Timur), penerbitnya sama Peneerbit Buku Kompas.
Semoga Mbak bisa mendapatkan novel-novel itu, syukur
dengan harga murah atau nyewa di perpustakaan. Selain
itu penerbit yang sama juga menerbitkan buku saya
Saksi Mata, cerita zaman Jepang. Cerita lain orang
Jawa zaman saya adalah Mencari Sarang Angin,
diterbitkan oleh Grasindo, tentunya gampang dicari di
Gramedia. O, iya pada buku akhir tentang Teyi (Gadis
Tangsi) pada buku Mahligai, ceritanya Teyi masuk ke
istana Jayadiningratan Surakarta Hadiningrat. Rumah
itu rumah kakek saya, yang saya ceritakan dalam novel
tadi. Ternyata rumah itu sekarang namanya Jayakusuman,
adalah dimiliki oleh Wijanarka Puspoyo, Kepala Bulog.
Jadi kalau ibunya Mbak Nina mau tahu keadaan istana
itu zaman dulu, silakan baca novel tadi. Sekarang
setelah Wijanarka Puspoyo dipenjara, rumah itu
kabarnya ditawarkan sebelas milyar rupiah! Wah, semoga
Mbak Nina mau menawarnya. Kalau tahu riwayatnya tentu
Mbak Nina berhasrat sekali memilikinya bukan?
Ha-ha-ha. Terima kasih, ya.
Suparto Brata.



Date: Sun, 27 May 2007 11:25:56 +0700
From: "Nina Setyaningsih" Add to Address Book Add Mobile Alert
Yahoo! DomainKeys has confirmed that this message was sent by gmail.com. Learn more
To: "suparto brata"
Subject: Re: kepada Pak Suprapto Brata
sugeng enjang pak suparto..

terima kasih atas balasan emailnya. oh ya saya juga minta maaf karena salah menuliskan nama bapak di email saya dulu...waduh jadi malu saya pak...hehe...sudah dimuat di blog lagi...jadi malu dua kali, hahah...ngapunten sanget lho pak...sungguh tidak sengaja...


NB: wah sebelas miliar itu uang semua pak?..haha...

Tags:

1 comments to "Email dari Nina Setyaningsih"

  1. Anonymous says:

    Dulu tau gadis tangsi dr mantan,pas di toko buku di jogja,dia nunjuk gadis tangsi n bilang 'ini lo bagus' g kebeli soale g da dwit, hehe trus dpt novelnya di perpus bung karno blitar ternyata emang bener2 bagus bgt.pgn baca lanjutanya,ngumpulin dwit dl...

Leave a comment