Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Mencari Sarang Angin

Mencari Sarang Angin

From: Achmad Wirono
Subject: MSA lagi
To: sbrata@yahoo.com
Date: Thursday, October 1, 2009, 11:41 AM


Bp.Suparto Brata yth.,


Mohon dimaafkan kalau saya baru sekarang dapat menulis.Waktu saya menulis "seprti buku baru ...dan tidak disentuh", bayangan saya, sbg buku obralan tapi masih utuh dan tidak lusuh/koyak sebagaimana biasanya terjadi pada buku-buku bekas yang diperdagangkan lagi.


Saya tertarik pada MSA terutama terdorong oleh judulnya yang sangat menggelitik. Langsung mengingatkan saya akan kisah Dewa Ruci yang intinya juga mengandung kisah pencarian jatidiri yang sebenarnya juga renungan si tokoh dengan nuraninya sendiri.


Saya menyimak MSA selama lima hari berturut-turut – inipun hanya terlaksana di siang hari karena harus menunggu selesainya kacamata bifocal yang perlu diganti. Seperti ulasan pak Basoeki Soenaryono, saya juga terkesan atas KECERMATAN BP MENYUSUN KISAH, MEMBANGUN WATAK tokoh-tokohnya..." sehingga pembaca enggan memutus pembacaan.

Kesan saya, dalam pembangunan watak tokoh terungkap pula betapa gambaran utuh tokoh di akhir cerita menjadi jelas dan tajam karena dalam prosesnya tersirat adanya hubungan erat antara sifat alami diri si tokoh dan pengalaman yang diperoleh dalam seluruh perjalanan hidup si tokoh.


Menurut pak Quinn, The Novel in Javanese,1992, Bapak sudah merintis masalah ini (dan juga analisis masalah-masalah sosial) sejak tahun 60an. Sayangnya saya tidak tahu sudah/belum beliau mengulas masterpiece Bapak, Donyane Wong Culika, atau barangkali malah sudah membicarakannya langsung dengan Bapak sendiri waktu berkunjung ke Surabaya, kalau tidak salah, pada th. 2008 y.l. Ada kesan saya yang lain, yaitu mengenai dialog antar tokoh dalam MSA yang terasa lebih wajar dan memperlancar pembacaan jika dibanding dengan dialog berpantun dalam Mahligai di Ufuk Timur.


Demikianlah Pak, semoga tanggapan pendek ini berkenan dihati.


Teriring salam takzim, Wirono

Tags:

1 comments to "Mencari Sarang Angin"

  1. Koko says:

    kunjungi blog ku ya pak dan beri komentarnya

Leave a comment