Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Penulis favoritku

Penulis favoritku

Sungguh amat berkesan ketika pertama kali membaca buku karangan bapak yang berjudul "Aurora sang pengantin". Buku tersebut kebetulan dipinjami oleh kenalan saya Mahesa Winardi (mungkin terdengar familiar bagi bapak?). Pada buku ini, saya dibuat terkagum - kagum atas penyelidikan yang dilakukan oleh Aurora dan peristiwa pembunuhan yang terjadi.

Setelah itu, saya membaca "KREMIL". Saya (lagi - lagi) dibuat terpesona dengan penokohan yang bisa dikatakan rumit. Mengambil lokasi salah satu tempat prostitusi yang ada di Surabaya, bapak dengan gamblang menceritakan detail dari lokasi tersebut. Buku ini (lagi - lagi) dipinjami oleh Mahesa Winardi.

Buku ketiga yang saya baca adalah "Saksi Mata" yang mengambil setting masa penjajahan Jepang. Saya cukup dibuat bingung dengan beberapa pengulangan kisah yang terkadang lebih dari 1 kali. Katakanlah saat tokoh utama memergoki bibinya melakukan perbuatan tidak senonoh.. Buku ini saya pinjam di Perpustakaan Daerah Jawa Timur.

Sejak saat itu, saya "terobsesi" dengan buku karangan bapak. Dan ternyata, pada tahun 2006, saya mendapat kado ulang tahun dari kenalan saya sebuah buku yang berjudul "Mencari Sarang Angin". Penokohan yang unik dengan penggambaran kehidupan keraton yang sakral. Semangat hidup dari tokoh utama yang terus berusaha hidup tanpa bantuan dari ayahandanya, sekalipun kota sedang diserang oleh Jepang dan diteruskan dengan gerak - gerik Partai Komunis.

Beberapa waktu yang lalu, saya jalan - jalan ke Gramedia dan menemukan buku bapak "Kerajaan Raminem". Ketika saya baca resensi di halaman belakang, taulah saya bahwa buku tersebut adalah buku kedua dari trilogi Gadis Tangsi, sedangkan pada saat itu, tidak ada buku pertama maupun buku ketiga. Sungguh tidak menyenangkan membaca suatu cerita tidak dari awal.

Tidak lama setelah itu, akhirnya saya menemukan "Gadis Tangsi" dan "Mahligai di Ufuk Timur". Saya tidak pernah tidak terkesan dengan buku karangan bapak.

Nilai positif yang bisa saya berikan kepada bapak adalah karena bapak selalu dapat menjelaskan setting maupun lokasi yang bapak gunakan secara detail.Dan kebanyakan, Bapak mengambil setting Soerabaia tempo doeloe..

Saya sangat menunggu buku terbaru dari Bapak..Saya harap Bapak berkenan memberikan kabar kepada saya apabila bapak telah mengeluarkan buku baru (dalam bahasa Indonesia karena saya tidak terlalu mengerti bahasa Jawa), baik judul maupun harganya.Terima kasih.

Salam hormat,Vanda Kemala Sari

Tags:

0 comments to "Penulis favoritku"

Leave a comment