Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Buku yang terbit tahun 2007

Buku yang terbit tahun 2007


1. MAHLIGAI DI UFUK TIMUR, Penerbit Buku KOMPAS Jl. Palmerah Selatan 26 – 28 Jakarta 10270. Mahligai Di Ufuk Timur, judul ke tiga dari trilogi Gadis Tangsi, Kerajaan Raminem. Melanjutkan lakon tentang Teyi dan simboknya, Raminem. Berkisah tentang kehidupan Teyi sebagai petani di desa serta hubungan asmaranya dengan Cudanco PETA Raden Mas Kus Bandarkum bangsawan Surakarta Hadiningrat pada akhir zaman Jepang. Banyak menampilkan data historis dan sosiologis, kandungan sejarah, dan punya makna dalam perkembangan bahasa Indonesia. Pecinta sastra dan sejarah seharusnya memiliki buku ini.

2. SUPARTO BRATA’S OMNIBUS. Penerbit NARASI Jl. Irian Jaya D-24 Perum Nogotirto Elok II Yogyakarta 55292. Satu buku berisi tiga novel bahasa Jawa, yaitu: Astirin Mbalela, Clemang-Clemong dan Bekasi Remeng-Remeng, ditambah esei tentang ke tiga novel itu oleh Darni Ragil Suparlan, dosen jurusan pendidikan bahasa daerah, FBS Unesa Surabaya. Astirin gadis desa Ngunut Tulungagung, lari ke Surabaya karena menolak mau dikawinkan. Akhir cerita ia kembali ke Ngunut, sebagai apa, itulah surprise ending yang dikisahkan di novel tadi. Clemang-clemong adalah bicara gadis Abyor yang berumur 6 tahun, yang ditinggal mati oleh ibunya. Dengan clemang-clemongnya ia memilihkan istri ayahnya yang baru pengganti ibunya. Bekasi Remeng-Remeng menceritakan kisah kriminal di Kota Bekasi menjelang senja hari.

3. JARING KALAMANGGA, Penerbit NARASI, Yogyakarta. Novel bahasa Jawa seri Detektip Handaka. Sanggar, seorang wakil direktur perusahaan dagang, membutuhkan seorang jurutulis di kantor cabangnya di Tretes. Dia memanggil calon jurutulisnya itu untuk segera bekerja, namanya Handaka. “Yang dibutuhkan jurutulis, tapi yang bapak panggil kok detektip. Mengapa?” tanya calon jurutulis tadi. Dan itu pula pertanyaan pembaca novel ini. Buku ini juga ditambah catatan diskusi kesastraan oleh Ratna Indriani di Balai Penelitian Bahasa Yogyakarta.

4. EMPRIT ABUNTUT BEDHUG, Penerbit NARASI, Yogyakarta. Novel bahasa Jawa seri Detektip Handaka. Sore hari menjelang magerip, Jarot naik sepeda di perlimaan Blawuran Surabaya, berserempetan dengan sepeda seorang gadis. Kantong gadis yang ditaruh di stang sepedanya jatuh. Ditemu Jarot. Tapi gadis tadi tidak mau mengakui itu kantongnya. Mengapa? Buntut cerita itu ternyata mengarah ke penculikan dan penyiksaan seorang gadis cantik.

5. CRITA RAKYAT PROBOLINGGO, Penerbit PT.GRASINDO, Jl. Palmerah Selatan 22 – 28 Jakarta 10270. Buku bacaan bahasa Jawa yang menceritakan dongeng, mite atau legenda yang berkenaan dengan Kabupaten dan Kota Probolinggo.

6. CRITA RAKYAT BLITAR, penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Buku bacaan bahasa Jawa yang menceritakan dongeng, mite atau legenda yang berkenaan dengan Kabupaten dan Kota Blitar.

7. CRITA RAKYAT TUBAN, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Buku bacaan bahasa Jawa yang menceritakan dongeng, mite atau legenda yang berkenaan dengan Kabupaten Tuban dan Kota Tuban.

8. CRITA RAKYAT JAWA TIMUR, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Buku bacaan bahasa Jawa yang menceritakan dongeng, mite atau legenda di Jawa Timur.

9. CINTRONG TRAJU PAPAT, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Lirih Nagari seorang gadis lulusan SMA Caruban mencari kehidupan di Jakarta, berhasil bekerja di kantor periklanan gedung pencakar langit di tengah kota. “Sastra Jawa bukan sastra desa. Novel ini berkisah tentang bisnis periklanan, produk sinetron, jaringan komputer”, kata seorang pembaca novel ini dalam eseinya.

10. MBOK RANDHA SAKA JOGJA, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Citra Resmi asal Jogja, melamar pekerjaan di PT perusahaan pelayaran di Surabaya. Ia ketahuan sudah punya anak. Namun kemudian seluruh keluarga pemilik perusahaan itu lebih memilih “janda” itu dijadikan istri Martiyas (adik ipar direktur utama) daripada si sekretaris direksi. Mengapa? “Anata wa ima daibu o-ishogashii deshõ”. Lakon dan solusinya di novel bahasa Jawa ini.

11. COCAK NGUNTAL ELO, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta.Gadis sedang mandi. Gagang telepon diberikan kepadanya. Terima telepon, beritanya ayahnya, seorang pengusaha real estate sukses yang kantornya di TB. Simatupang Jakarta, tewas di pesawat terbang. Si Gadis menjerit-jerit keluar dari kamar mandi, tanpa busana. Itulah awal dari novel bahasa Jawa ini. Tewasnya karena sakit, kecelakaan, atau pembunuhan?

12. SER! SER! PLONG! Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Linuwih, manager Innamorata Dancer ke bandara mau menjemput pelatih dansah yang datang dari Tokyo. Ditunggu sampai empat jam tidak datang. Wangi Lestari, pergi ke bandara, ingin melihat tunangannya yang diplomat, yang kabarnya mau datang hari itu dari Negeri Belanda. Tapi juga tidak terlihat datang. Maka yang dijumpai di bandara, Wangi bertemu dengan Linuwih. Wangi yang kepengin banget berlatih dansah, pun tergaet oleh Linuwih. Novel bahasa Jawa yang khusus bicara tentang pengusahaan club dansah.

13. ‘t SPOOKHUIS, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. ‘t Spookhuis bahasa Belanda, artinya rumah hantu. Novel bahasa Jawa ini setting waktunya memang zaman Belanda. Pada zaman itu di Surabaya ada dua gedung setan, tapi yang terkenal Gedung Setan di Pasarkembang. Pelajar HBS yang kebanyakan orang Belanda, sangat percaya akan angkernya gedong setan tadi, tingkat keangkerannya didiskusikan di acara Debating Club. Namun justru ada seorang pelajar pribumi yang tidak percaya. Akibatnya mereka bertaruh, kalau pelajar pribumi tadi berani masuk ke rumah hantu tadi malam Jumat Kliwon, dia menang. Pelajar pribumi tadi akhirnya masuk, dan di sanalah perjuangan lakon ini melawan para hantu.

14. LELABETANE GUBERNUR JAWA TIMUR I R.M.T.A. SURYO, Penerbit PT. GRASINDO Jakarta. Menceritakan riwayat hidup R.M.T.A. Suryo, sejak beliau menjabat bupati Magetan, Jepang datang, peranan beliau pada bulan November 1945 di Surabaya, hingga tewasnya di hutan jati sebelah barat Ngawi. Suatu kisah bahasa Jawa yang sangat perlu diketahui oleh rakyat Jawa Timur, karena hari disumpahnya beliau jadi Gubernur Jawa Timur diperingati sebagai hari jadi Propinsi Jawa Timur.

Tags:

3 comments to "Buku yang terbit tahun 2007"

  1. guskar says:

    Buku-buku no 4 s/d 14 di toko buku Gramedia belum ada ya? Ada yang tahu, di mana saya harus mendapatkannya?

  2. Buku-buku tersebut dapat diperoleh di :
    PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) Surabaya
    Jl. Berbek Industri I/29,
    Sidoarjo Jawa Timur.
    Telp (031)8483038 Faks (031)8480194
    atau hubungi Pak Untung

  3. delila sukocox says:

    bapak, saya ingin beli salah satu novel berbahasa jawa punya panjenengan caranya bagaimana pak? delila

Leave a comment