Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Novel Donyane Wong Culiko

Novel Donyane Wong Culiko

Suparto Brata Luncurkan Novel "Donyane Wong Culiko"




SURABAYA-- Pengarang sastra Jawa asal Surabaya, Suparto Brata akan meluncurkan novel terbarunya berjudul "Donyane Wong Culiko" di sela-sela acara "Lire En Fete" (Pesta Baca) yang diselenggarakan Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya, 13 Oktober 2004


''Pada peluncuran novel itu juga akan digelar diskusi sekitar pukul 18.30 bertema 'Kelestarian Sastra Jawa' dengan pembicara Drs Dhanu Priyo Prabowo, MHum dari Balai Bahasa Yogyakarta," kata Atase Pers CCCL, Krishna di Surabaya, Senin.

Selain diskusi, pada acara itu Suparto Brata juga menyediakan "doorprize" sebanyak 15 buku kepada peserta. Buku-buku itu antara lain "Saksi Mata", "Aurora Sang Penganten", "Saputangan Gambar Naga", "Kremil", "Senja Sangu Trebela" dan "Gadis Tangsi".

Novel terbaru Suparto itu becerita tentang sejarah budi pekerja dan nasib orang Jawa mulai dari jaman Kerajaan Surakarta hingga berjayanya pemerintahan Orde Baru. Suparto Brata yang banyak menghasilkan karya berbahasa Indonesia dan Jawa itu dikenal sebagai penulis yang produktif. Semasa muda ia juga pernah menjadi wartawan lepas di beberapa surat kabar selain terus menulis karya-karya fiksi.

Pria yang lahir di Surabaya, 27 Februari 1932 itu mengenyam pendidikan SR di Probolinggo, SMP dan SMU di Surabaya. Selain terus menulis karya sastra ia juga menikmati masa tuanya sebagai pensiunan pegawai negeri dari Pemkot Surabaya.

Sementara acara Pesta Baca, menurut Krishna, merupakan program pertemuan tahunan bagi pecinta bahasa dan sastra Prancis. Namun dalam perkembangannya acara itu kemudian meluas kepada seluruh masyarakat pecinta buku, dalam bahasa apa pun.

''Acara ini digelar selama tiga hari mulai Senin (11/10) dengan menggelar perpustakaan terbuka dan diskusi mengenai koleksi perpustakaan CCCL dengan para pengajar, siswa dan staf CCCL. Pada hari kedua dibuka bazar buku dan hari ketiga peluncuran buku Suparto Brata,'' katanya.

Tags:

1 comments to "Novel Donyane Wong Culiko"

  1. cuzmi says:

    Pembaca akan menanti buku yang berjudul "DONYANE WONG CULIKA" tersebut. jadi saya mohon buku tersebut diterbitkan secepatnya. trimksih

Leave a comment