Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Festival Sastra Etnik Undang Utusan Suriname

Festival Sastra Etnik Undang Utusan Suriname

Kompas,9 November 2006


Festival Sastra Etnik Undang Utusan Suriname


SURABAYA, KAMIS - Festival Sastra Etnik yang akan digelar Organisasi Pengarang Sastra Jawa (OPSJ) pada 2007 mendatang, mengundang utusan dari negara Suriname yang penduduknya banyak dan masih menguasai Bahasa Jawa.

"Karena kami memberikan toleransi kepada teman-teman dari Suriname itu, maka terpaksa festival ini diundur lagi menjadi Nopember 2007," kata Sekjen OPSJ, di Surabaya, Kamis (9/11).

Festival itu rencananya diselenggarakan akhir 2006, namun diundur sekitar April 2007, karena persiapan Organisasi Pengarang Sastra Jawa (OPSJ) sebagai penyelenggara belum matang. Rencana itu diundur lagi menjadi Nopember 2007 karena mengakomodasi utusan Suriname.

"Festival ini sebenarnya dikhususkan bagi sastra etnik di Jatim, Jawa, Madura dan Osing (Banyuwangi). Namun ternyata, teman-teman dari luar Jatim juga antusias, seperti Yogyakarta, Tegal dan lainnya menyatakan akan ikut," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan dari festival itu, berupa pementasan karya sastra masing-masing etnis serta sarasehan dalam upaya memajukan sastra yang berakar dari bahasa daerah tersebut. Bentuk pementasannya berupa pembacaan cerpen, puisi dan parade karya lainnya.

"Kami rencananya juga akan mengundang pembaca novel, Ahmad Tohari, ’Ronggeng Dukuh Paruk’ yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dialek Banyumasan serta pementasan karya Suparto Brata yang dibawakan dengan dialek Tegal," paparnya.

Untuk sarasehan, ia berharap ada semacam bertukar pikiran antarpegiat sastra etnik dalam mengembangkan sastranya masing-masing. Misalnya, bagaimana sastrawan di Banyuwangi mampu menerbitkan kamus Bahasa Osing serta karya-karya sastranya.

"Pengalaman-pengalaman seperti itu kami harapkan nanti muncul dalam sarasehan, sehingga bisa dijadikan acuan bagi teman-teman lain untuk melakukan hal serupa," ujar Bonari yang Juga Ketua Peguyuban Pengarang Sastra Jawa Surabaya (PPSJS).

Untuk pembicara, ia mengemukakan, pihaknya akan menghadirkan sastrawan Ahmad Tohari dan Arswendo Atmowiloto, yang selama ini menjadi pendukung utama terbentuknya OPSJ di ajang Kongres Sastra Jawa (KSJ) di Semarang, beberapa waktu lalu.



Sumber: Antara
Penulis: jodhi

Tags:

1 comments to "Festival Sastra Etnik Undang Utusan Suriname"

Leave a comment