Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Suparto Brata, Sastrawan Gaptek Yang Punya Situs Web

Suparto Brata, Sastrawan Gaptek Yang Punya Situs Web

Surabaya (ANTARA News) - Suparto Brata, sastrawan "gaek" yang tetap produktif di usia 75 tahun, kini memiliki media baru untuk menyebarkan novel atau cerpennya; laman pribadi dan situs web.

"Yang membuat blog (laman pribadi) pada Desember 2006 dan website pada Juli 2007 adalah anak-anak saya. Kalau saya tidak tahu apa-apa," kata penulis yang mengaku gagap teknologi (gaptek) itu di Surabaya.

Suparto Brata, yang telah meluncurkan hampir 130 novel berbahasa Indonesia dan Jawa, juga belum dapat memasukkan karya-karya terbarunya ke www.supartobrata.com, alamat website terbarunya.

"Semuanya yang memasukkan adalah anak-anak saya. Saya hanya mengirim tulisan lewat email. Ini kadang-kadang juga sering salah. Meskipun demikian, saya tetap belajar terus untuk menguasai teknologi informasi ini," kata penulis novel "Dunyane Wong Culiko" itu.

Ide membuat website dan laman pribadi itu juga berasal dari anak-anaknya, antara lain, Tatit Merapi, Teno Singalang dan Neo Semeru. Anak-anaknya kini bermukim di Jakarta dan Papua.

"Mereka bilang bahwa saya harus menguasai teknologi informasi. Ya sudah saya ikuti saja," kata lelaki yang di tahun 2007 telah menghasilkan 12 novel dan cerita anak-anak.

Pensiunan pegawai negeri yang sering menulis novel dengan setting cerita sejarah itu mengakui, kini ia lebih leluasa mengomunikasikan karya-karyanya kepada masyarakat melalui website. Lewat laman web itu pula ia kemudian banyak berkomunikasi dengan penggemarnya lewat email.

Meski usianya telah senja, lelaki berperawakan kecil itu tetap berdisiplin menghasilkan karya. Sehari rata-rata ia bisa menulis sekitar delapan halaman. (*)

Diambil dari Antara News

Tags:

0 comments to "Suparto Brata, Sastrawan Gaptek Yang Punya Situs Web"

Leave a comment