Srawungku Karo Sastra Jawa

Home » » Sketsa Tokoh Suroboyo

Sketsa Tokoh Suroboyo

Artikel dibawah ini diambil dari sini

Saturday, November 18, 2006, 09:43 AM -


Sketsa Tokoh Suroboyo


BukuTerus terang saja... sebenernya aku beli buku ini karena kata SUROBOYO di judulnya. ya.. maklum lagi rindu kampung halaman. Buku yang ditulis Agus Wahyudi ini menampilkan kisah 21 tokoh Surabaya dari berbagai bidang, mulai dari seniman, politisi, akademisi sampai olahragawan.


Memang buku ini agak subyektif, karena yang disebut tokoh suroboyo itu adalah orang yang DIANGGAP berperan penting bagi kota itu. Dari pengalamannya sebagai wartawan "Radar Surabaya", Agus Wahyudi mengungkapkan kisah orang-orang yang dia angggap sebagai tokoh yng berperan bagi perkembangan kota Surabaya. Dari sekiain bnyak tokoh yang ada dalam buku ini, sebagian memang sangat populer, walaupun belakangan ini namanya sudah jarang muncul ke permukaan. Namun, ada beberapa yang kurang dikenal. Yah... seperti yang saya bilang tadi, SUBYEKTIF, Mungkin bagi Agus Wahyudi tokoh tersebut dianggap sebagai salah satu putra terbaik Surabaya, walaupun sebagian orang tidak sependapat.


Dari buku ini kita bisa menggali inspirasi dan motivasi. Dari dedikasi luar biasa seorang JOHAN SILAS (Guru Besar ITS, pakar planologi), keakraban GOMBLOH (seniman), kepemimpinan dr.POERNOMO KASIDI (mantan walikota), kesederhanaan KARTOLO (seniman Ludruk), tidak lupa juga pengabdian pak SUPARTO BRATA (penulis surabaya).Dari sini aku tersadar bahwa kita harus berterima kasih atas semua yang telah mereka berikan bagi kota ini dan negeri ini... Sebagai pemuda, kita harus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara apapun yang bisa kita lakukan.meminjam salam penutup khas Cak Kartolo:"Yu Paintenkelelegen cendeloCekap semantenpiatur kulo...."

Tags:

0 comments to "Sketsa Tokoh Suroboyo"

Leave a comment